Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis
Penulis : Prof. Dr. Suwatno, M.Si. dan Donni Juni
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 376 Halaman
Berat Buku : 470 Gram
Harga : Rp 74.000 / EXEMPLAR
   

Globalisasi adalah konsep pasar bisnis yang mengglobal dan kapitalisme global. Kalau dulu sekitar tahun 1980-an, transaksi keuangan dunia hanya sekitar 300 juta dollar sehari, di tahun 1990-an meningkat tajam menjadi 1 trilyun dollar sehari! Dan di tahun 2010 ini, meningkat puluhan juta dollar seiring dengan semakin masif dan meluasnya dampak globalisasi dan perdagangan dunia yang semakin kompetitif. Kalau dulu transaksi memerlukan waktu berhari-hari, sekarang cukup dalam hitungan per-detik, maka miliaran dollar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, berkat electronic mail, electronic business, electronic payment, electronic and corporate integration. Maka makna globalisasi mengandung arti lingkupnya yang kompak, terintegrasi dan menyatu; menggantikan perekonomian dan bisnis nasional dan regional.

Fenomena tersebut, memunculkan tantangan baru dan kesempatan bagi organisasi publik dan bisnis untuk dapat memahami dan membuat konsep pengelolaan organisasi yang efektif melalui pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia (MSDM). Manajemen merupakan ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Mengatur karyawan memiliki tingkat kesulitan dan kompleksitas tertentu, karena karyawan mempunyai pikiran, perasaan, status, keinginan, dan latar belakang yang heterogen, yang membedakan yang satu dengan yang lainnya (khas). Peran penting seorang pimpinan atau manajer adalah bagaimana karyawan yang “khas” tersebut mampu dikelola dengan baik, melalui manajemen SDM, agar mampu memberikan kontribusi bagi berjalannya roda organisasi publik dan bisnis, sesuai dengan visi, misi, strategi, dan nilai-nilai yang dianut organisasi publik dan bisnis.  

Buku ini mengulas aspek teoritis maupun praktis, sehingga memberikan nilai guna bagi yang membutuhkan pengetahuan tentang manajemen SDM, khususnya sektor publik, maupun sektor bisnis. Buku ini juga digunakan oleh mahasiswa S1 dan S2 yang mengikuti mata kuliah MSDM.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image