Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Kepemimpinan Pendidikan (Teori, Studi Kasus dan Aplikasi)
Kategori : Buku Pendidikan, Konseling - Pendidikan
Penulis : Dr. Amin Haris, M.Pd.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 424 Halaman
Berat Buku : 520 Gram
Harga : Rp 92.000 / EXEMPLAR
   

Sebagai seorang pemimpin baik di pemerintahan, di perusahaan termasuk kepala sekolah yang merupakan pemimpin pendidikan dipastikan Anda ingin menyabet sebutan pemimpin yang “hebat”. Sebutan pemimpin hebat merupakan dambaan dan harapan dari setiap pemimpin. Namun tidak semua pemimpin atau kepala sekolah mendapatkan sebutan hebat tersebut. Masalahnya tidak semua dari pemimpin dan kepala sekolah mengerti dari maksud kepemimpinan, kualitas serta fungsi-fungsi yang harus dijalankan seorang pemimpin. Pada hal penguasaan berbagai pendekatan, gaya dan perilaku akan mempengaruhi keberhasilan kepemimpinan organisasi.

Suatu pengalaman dan prestasi mengajar yang baik tanpa memahami konsep kepemimpinan yang baik pula tidak dapat dijadikan alasan sepenuhnya bagi seorang guru untuk diangkat menjadi kepala sekolah. Pernyataan selama ini bahwa tugas kepala sekolah adalah hanya sebagai tugas tambahan dari seorang guru yang diangkat untuk menjadi kepala sekolah tidak selamanya dapat dibenarkan. Dengan suatu alasan yang logis bahwa tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dan guru sangat jauh berbeda.

Selain itu, kepemimpinan merupakan proses menciptakan pengharapan bersama yang lebih baik di masa depan yang tidak saja fokus pada tujuan, tetapi juga fokus pada kesinambungan proses, peningkatan kinerja dan pertumbuhan sekolah. Pemimpin perlu menciptakan sense of experience bagi dirinya dan orang lain, dan mengurangi rasa takut. Perasaan takut akan membuat kecemasan merusak energi manusia, dan membuat tidak produktif. Pemimpin memberikan penjelasan “realitas” yang dapat menjadi problematis, dan tidak selalu mempunyai jawaban, tetapi pemimpin “tahu dan peduli” terhadap hal-hal yang menjadi persoalan organisasi. 

Pemimpin sebagai “pengendali utama” memengaruhi anggota organisasi kepada masa depan, dengan visi, dan nilai-nilai, penciptaan budaya sehat, saling menunjukkan rasa hormat dan menghargai. Kepemimpinan efektif tidak dapat tercapai tanpa inisiatif dan kerjasama. Oleh karena itu pemimpin tidak bisa menjadi hebat tanpa pengikut dan pemimpin berada di tengah-tengah bawahan. Pemimpin seharusnya menjadi bagian dari “apa yang terjadi”, “bukan terpisah dari” apa yang terjadi. Pemimpin sebagai “pemecah” masalah bukan lari dari masalah. Pemimpin adalah “si peduli, mengayomi, melayani” bukan “diayomi dan dilayani”. Pemimpin “pendengar” suara bawahan dan pemimpin sebagai “Si-pengangkat” martabat para bawahan”.

Buku di tangan pembaca ini akan memberikan pengetahuan mendalam bagi Anda untuk memiliki kemampuan kepemimpinan pendidikan yang baik. Kemampuan dalam penguasaan pendekatan, gaya, dan perilaku akan mewarnai keberhasilan kepemimpinan pendidikan. Atas dasar itu, buku ini dikhususkan sebagai referensi dan bahan ajar bagi mahasiswa FKIP, mahasiswa S1, S2, S3 Prodi Manajemen Pendidikan, kepala sekolah, guru, akademisi, praktisi pendidikan, Lembaga Pengembangan Profesi Kepala Sekolah (LPPKS), Widya Swara, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Dewan Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), dan pemilik yayasan pendidikan “Selamat memilikinya”. 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image