Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Filsafat Ilmu, Telaah Pengetahuan, Ilmu, dan Sain dalam Stud
Penulis : Dr. Ahmad Jamin, M.Ag. dan Norman Ohira,
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 220 Halaman
Berat Buku : 280 Gram
Harga : Rp 50.000 / EXEMPLAR
   

Secara etimologi filsafat terambil dari kata Arab falasifah, yang berasal dari bahasa Greek philosopia. Kata filsafat merupakan gabungan dari dua kata yaitu philo, pilein, fhilos yang berarti to love, to like atau sangat menggemari, menyukai. kata kedua sovos, sopia yang berarti wisdom, hikmah atau kebijaksanaan, nilai luhur dari kebenaran. 

Filsafat ilmu atau philosophy of science adalah bagian dari filsafat pengetahuan atau sering juga disebut epistemologi. epistemologi adalah cabang filsafat yang secara khusus membahas teori ilmu pengetahuan. Ter­dapat tiga persoalan pokok dalam bidang ini yaitu: (1) Apakah sumber-sumber pengetahuan itu? Dari manakah pengetahuan yang benar itu datang dan bagaimana kita mengetahui? (2) Apakah sifat dasar pengetahuan itu? Apakah ada dunia yang benar-benar di luar pikiran kita, dan kalau ada, apakah kita dapat mengetahuinya? Ini adalah persoalan tentang apa yang kelihatan (phenomena/appearance) versus hakikat (noumena/essence). (3) Apakah pengetahuan kita itu benar (valid)? Bagaimanakah kita dapat membedakan yang benar dari yang salah?

Buku ini ditulis karena keterbatasan literatur filsafat ilmu yang umumnya telah menjadi manuskrip baik bahasa asing maupun bahasa Indonesia. Meski bukan buku pertama dalam kajian filsafat ilmu, namun buku ini menawarkan pemahaman berbeda tentang konsep ilmu, sain, dan pengetahuan dalam perspektif studi Islam.

Di samping itu, kepustakaan tentang filsafat ilmu sedikit sekali memuat substansi ilmu dalam tinjauan agama. Bahkan sebagiannya memisahkan dengan jelas antara ilmu dan agama. Padahal dalam konsep Islam, antara ilmu dan agama tidak bisa dipisahkan.  Selain itu adanya kerancuan dalam memahami konsep ilmu dan sain yang dianggap sama. Pada satu sisi menurut hemat penulis dua hal ini berbeda meski banyak persamaannya.

Oleh karena itulah buku ini ditulis untuk memenuhi ruang kosong dalam pembahasan filsafat ilmu utamanya dalam kaitan dengan studi Islam. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan filsafat ilmu, umumnya untuk semua kalangan pencinta ilmu.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image