Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Apl
Kategori : Buku Statistika dan Penelitian - Statistika
Penulis : Irwan dan Didi Haryono
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 316 Halaman
Berat Buku : 370 Gram
Harga : Rp 63.000 / EXEMPLAR
   

S

ecara garis besar pengendalian kualitas statistik merupakan cara atau teknik untuk mengendalikan atau mengontrol produksi dengan tujuan agar produk yang dihasilkan stabil dan ideal (berkualitas) sehingga menambah jumlah permintaan konsumen. Pengendalian kualitas sangat diperlukan dalam memproduksi suatu barang untuk menjaga kestabilan mutu. Pengendalian kualitas tidak hanya dibutuhkan dalam industri, tetapi di bidang manajemen pun memegang peranan sangat penting. Kualitas menjadi faktor dasar keputusan dalam banyak produk dan jasa tanpa membedakan apakah konsumen itu perorangan, kelompok industri, program pertahanan militer ataupun pedagang eceran.

Pengendalian kualitas adalah proses yang digunakan untuk menjamin tingkat kualitas dalam produk atau jasa. Mendefinisikan pengendalian kualitas tidak terlepas dari apa yang telah didefinisikan oleh pakar kualitas sebelumnya, seperti Montgomery, D.C. yang mendefinisikan bahwa pengendalian kualitas adalah aktivitas keteknikan dan manajemen, yang dengan aktivitas itu kita ukur ciri-ciri kualitas produk, membandingkannya dengan spesifikasi atau persyaratan dan mengambil tindakan penyehatan yang sesuai apabila ada perbedaan antara penampilan yang sebenarnya dan yang standar. Pengendalian kualitas adalah kombinasi semua alat dan teknik yang digunakan untuk mengontrol kualitas suatu produk dengan biaya se-ekonomis mungkin dan memenuhi syarat pemesan.

Buku ini terdiri dari delapan bab. Bab 1 membahas mengenai Konsep Dasar Statistika dan Probabilitas; Bab 2 mengenai Kualitas dan Jaminan Kualitas; Bab 3 berbicara tentang Pengantar Pengendalian Kualitas Statistika; Bab 4 membahas mengenai Peta Kendali; Bab 5 membahas lebih dalam Peta Kendali Atribut; Bab 6 mengetengahkan mengenai Peta Kendali Variabel; Bab 7 berbicara mengenai Metode Taguchi; dan terakhir Bab 8 membahas mengenai Analisis Kemampuan Proses dan Rencana Penerimaan Sampel. Dan terakhir buku ini ditutup dengan beberapa lampiran yang berkaitan dengan tabel-tabel yaitu tabel distribusi normal, tabel distribusi poison, tabel distribusi eksponensial.

 

 

 

 

 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image