Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
PENGANTAR BISNIS Dlm Perspektif Aktivitas Kelembagaan
Kategori : Buku Ekonomi, Manajemen,Bisnis - Bisnis
Penulis : A. Jalaluddin Sayuti, S.E., M.Hum.Res.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 232 Halaman
Berat Buku : 280 Gram
Harga : Rp 48.000 / EXEMPLAR
   

Buku Pengantar Bisnis Dalam Perspektif Aktivitas dan Kelembagaan di hadapan pembaca ini memuat 10 (sepuluh) bagian  materi yang merupakan pengetahuan pokok yang penting dipahami oleh semua orang yang konsen dengan kegiatan dan kelembagaan bisnis, apa lagi bagi para pemula dan lebih khusus lagi bagi para  mahasiswa yang akan terjun dalam kegiatan bisnis praktis tentu saja sangat relevan membaca buku ini sebagai kelengkapan untuk memudahkan masuk dan berkecimpung dalam bisnis, baik sebagai pemilik, pengelola maupun sebagai pelaksana bisnis secara operasional. Buku ini menggambarkan aktifitas kegiatan manusia dalam menjalankan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya sejak peradaban fase awal sebagai mana yang banyak disebutkan dalam sejarah perekonomian. Hal itu merupakan cikal bakal kegiatan bisnis pada fase peradaban manusia berikutnya hingga  saat ini. Bertolak dari kegiatan pemenuhan kebutuhan yang dilakukan manusia tersebut, lebih lanjut kita dapat melihat manusia mendirikan lembaga bisnis, mengembangkan bisnis dan bagai mana memimpin lembaga bisnis agar tetap dapat bertahan. Adapun resume dari materi yang dijabarkan pada setiap bab dalam buku ini adalah sebagai berikut:

Bab I Pendahuluan, memuat tentang; Latar Belakang Kegiatan Bisnis, Pengertian-pengertian yang berkaitan dengan kegiatan bisnis,  Faktor-faktor yang menentukan iklim bisnis. Prinsip ekonomi dan sistem ekonomi, Pentingnya bisnis secara makro ekonomi untuk kelangsungan pemenuhan kebutuhan.

Bab II, Jenis-jenis Perusahaan atau Lembaga Bisnis, bagian ini memuat:  Penggolongan Perusahaan dari berbagai sudut pandang, Badan Usaha Milik Negara/Milik Daerah, Kerja sama dan Penggabungan Perusahaan, dan Jenis Kegiatan atau bidang usaha perusahaan.

Bab III Lokasi Perusahaan,  menjabarkan tentang: Prinsip menentukan Lokasi Perusahaan, Faktor-faktor penentu Lokasi Perusahaan, Lokasi Perusahaan Dagang, Lokasi perusahaan Retailer, Teori-teori Penentuan Lokasi Perusahaan, Lokasi Perusahaan berdasarkan sejarah, Kesimpulan Dalam Penentuan lokasi Perusahaan.

Bab IV Lingkungan Perusahaan., memuat tentang: Pengertian Lingkungan Perusahaan, Aspek Lingkungan Perusahaan, Aspek Mikro, Aspek Makro,  dan Lingkungan Bisnis Global.

Bab V  Pendirian Perusahaan, bagian ini menyajikan tentang: Bagai mana Pendirian Perusahaan Perseorangan, Pendirian Firma,  Pendirian CV, Pendirian  PT,  Pendirian  Koperasi, Pendirian Yayasan,  Legalitas Yayasan, Persiapan untuk memulai usaha  (kecil), dan gambaran konsep Pengembangan Usaha.

Bab VI  Fungsi-fungsi Perusahaan, bab ini menyajikan tentang aktifitas atau bidang kerja yang ada secara umum dalam perusahaan yang menyangkut: Fungsi Produksi,  Fungsi Pemasaran, Fungsi Personalia (Kepegawaian),  Fungsi Pembelanjaan (Keuangan).

Bab VII  Manajemen Resiko Perusahaan, bagian ini menggambarkan bagai mana agar kegiatan bisnis dapat terhindar dari berbagai resiko, yang paling tidak upaya-upaya untuk meminimalkan resiko usaha melalui: Konsep dan Manajemen Resiko, Pengelolaan Manajemen Resiko, dan  Upaya Penanggulangan Resiko.

Bab VIII Kewirausahaan dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pada bagian ini dijelaskan perbedaan antara usaha kecil dan besar yang didahului dengan pemahaman tentang: Pengertian dan Falsafah Wirausaha,  Menumbuhkan Minat Berwirausaha,   Usaha Kecil dan Menengah, Usaha Kecil Menengah dan Usaha Besar,  dan  bagai mana Mengelola Badan Usaha.

vii

Bab IX Memimpin Perusahaan, bagian  ini menjelaskan bagai mana seorang pimpinan badan usaha dapat memimpin usahanya melalui peran dan tugas sebagai pemimpin, oleh karena itu bab  ini memuat tentang: Pengertian Kepemimpinan dan manajemen,  Membagi Tugas untuk Karyawan,  Bagai Mana Orang bekerja Sama, serta  Memimpin dan Komunikasi antar karyawan, pimpinan dan karyawan atau komunikasi antar orang yang terlibat dalam aktifitas bisnis dalam perusahaan yang terorganisir.

 

Bab X Bank dan Kegiatan Bisnis, pada bagian akhir buku ini mengemukakan tentang peranan bank dalam transaksi yang harus di pahami oleh pebisnis, terutama pebisnis pemula. Dalam bagian ini dijelaskan bahwa bank sangat berperan dan bahkan tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan bisnis. Selain mengetahui peran bank dalam bisnis, pebisnis juga perlu mengetahui bank mana yang seharusnya dipilih sebagai tempat menyimpan uang dan bertransaksi untuk kegiatan bisnis lokal dan bisnis internasional.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image